Penambangan Batubara yang Bertanggung Jawab

Good Mining Practice (GMP) telah dikembangkan KPC menjadi kerangka kerja aplikatif sehingga dampak positif aktivitas pertambangan kami dapat dimaksimalkan. GMP dikembangkan oleh KPC menjadi sebuah kerangka dan parameter kerja yang aplikatif dari konsep dasar yang dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

KPC meyakini bahwa manfaat batubara tidak hanya terbatas pada produk batubara itu sendiri, namun lebih dari itu aktivitas pertambangan batubara dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi pertumbuhan sosial kemasyarakatan bila dikelola dan dilaksanakan dengan perencanaan baik dan cara-cara yang bertanggungjawab.

Kami senantiasa berupaya untuk meminimalisir dampak negatif yang akan timbul serta mengoptimalkan dan memperbesar ruang dampak positif, serta mengoptimalkan dan memperbesar ruang dampak positif sehingga tambang tersebut memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan.

 

Kesembilan aspek dalam Good Mining Practice diimplementasikan oleh seluruh departemen terkait di KPC. Kesembilan aspek ini adalah:

  1. Kompetensi Karyawan
  2. Desain dan Perencanaan Tambang
  3. Pemilihan Alat yang Tepat dan Perawatannya yang Baik
  4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  5. Dimensi dan Kerangka Waktu
  6. Biaya Produksi yang Kompetitif
  7. Aspek Lingkungan dan Ekosistem
  8. Aspek Sosial Kemasyarakatan
  9. Aspek Prosedur dan Ketaatan Hukum

Pemangku kepentingan memainkan peran penting dalam kegiatan usaha KPC. Kami bekerja untuk membangun komunikasi yang transparan dengan tujuan untuk menciptakan dan memelihara rasa saling percaya. Bersama dengan para pelanggan, mitra usaha, masyarakat lokal, aparat dan pemerintah daerah, pemegang saham dan karyawan, KPC menempuh jalan menuju keberlanjutan.

Menjawab Kebutuhan Pelanggan

KPC terus berinteraksi dan menjalin komunikasi dua arah dengan pelanggan dalam berbagai kesempatan dan kegiatan rutin untuk memastikan kepuasan pelanggan kami. Kami selalu menampung keluhan dan saran dari pelanggan kami dan tidak pernah berhenti dalam berinovasi dan melaksanakan perbaikan berkesinambungan.

Kemitraan Yang Berkelanjutan 

KPC senantiasa memastikan seleksi, evaluasi, penilaian kinerja, dan audit pada mitra usaha dilaksanakan dengan terbuka dan transparan. Kami mengajak para mitra usaha kami untuk berbagi semangat untuk melaksanakan usaha secara berkelanjutan. Kami percaya bahwa komunitas lokal dan perkembangan ekonomi daerah akan diuntungkan dengan kerjasama yang kuat tersebut. Perusahaan memberikan dukungan untuk pengembangan mitra usaha kami melalui program pelatihan dan konsultasi bisnis.

 

Peduli Dengan Komunitas Lokal

KPC terbuka terhadap setiap masukan dari berbagai kelompok komunitas yang berada disekitar daerah operasional kami dan mendapatkan informasi serta masukan dari masyarakat, termasuk harapan dan kekhawatiran mereka yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan. Selanjutnya, seluruh masukan dan umpan balik ini dianalisa dan dikembangkan menjadi program-program sosial kemasyarakatan dibawah 7 pilar Community Development KPC. Melalui keterbukaan dan komunikasi dua arah tersebut, KPC bertujuan untuk menginisiasi berbagai program yang tepat guna dan tepat sasaran.

 

Mendengarkan Aspirasi Karyawan

KPC membangun dan menjalin hubungan yang baik dengan semua karyawan dengan beberapa pendekatan, terutama: program-program pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, forum-forum sosialisasi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (GCG), komunikasi Sistem Manajemen Lingkungan (ISO 14001), sosialisasi Sistem Manjemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSAS 18001), aktifitas sosial karyawan (program olahraga dan kesehatan), dan konsultasi terbuka yang difasilitasi oleh divisi Sumber Daya Manusia melalui departemen Hubungan Industri. Semua karyawan KPC juga dapat menyampaikan aspirasi mereka dan berkonsultasi dengan serikat pekerja.